8 Tips Memilih Sekolah Dasar Untuk Anak Yang Cocok

8 Tips Memilih Sekolah Dasar Untuk Anak Yang cocok.- Memilih sekolah anak merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi orang tua. Memilih sekolah yang cocok dan tepat untuk anak kita menjadi sangat penting untuk kelangsungan perkembangan psikis anak kita.

sd

Sekolah yang tidak cocok untuk anak kita bisa menimbulkan permasalahan baru ketika anak merasa bosan dan mogok untuk belajar. orang tua jangan terlalu memaksakan anak untuk terus bersekolah ketika anak mogok sekolah. Kenali dulu apa yang menjadi sebab anak tidak mau sekolah lagi, diskusikan dengan gurunya sehingga bisa diambil solusi supaya anak kita mau bersekolah lagi.

Ada beberapa pertimbangan orang tua dalam memilih Sekolah Dasar untuk anaknya, dalam artikel ini, saya akan berikan 8 Tips memilih Sekolah Dasar untuk anak yang cocok, sehingga anak akan merasa senang bersekolah dan tidak akan mogok sekolah lagi.

  1. Kondisi Sekolah, Lingkungan sekitar sekolah sangat mempengaruhi semangat anak dalam belajar. Kondisi sekolah yang berdekatan dengan fasilitas umum seperti ; mall, pasar, terminal atau tempat pembuangan sampah, akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap proses belajar anak.
  2. Jarak Sekolah, perhitungkan jarak sekolah dengan tempat tinggal, apabila jaraknya dirasa jauh dan orang tua tidak mempunyai alat transportasi sendiri maka si anak akan merasa kelelahan terlebih dahulu apabila berangkat sekolah dengan berjalan kaki dan bisa kurang fokus apabila menerima pelajaran di kelas.
  3. Biaya Sekolah, Biaya untuk anak sekolah harus benar-benar diperhitungkan. Selain biaya untuk masuk ke sekolah, harus diperhitungkan juga biaya lainnya seperti transportasi, jajan anak, atau biaya-biaya lain di luar dugaan orang tua. Orang tua harus mampu mengukur kemampuannya dengan biaya yang dikeluarkan untuk anak jangan sampai anak jadi berhenti sekolah karena kekurangan biaya.
  4. Jenis Sekolah, ada beberapa Jenis sekolah yang banyak berkembang di masyarakat sekarang ini, antara lain ; sekolah yang berbasis agama, sekolah negeri, sekolah swasta dan sekolah Internasional. Orang tua harus bisa memilih sekolah mana yang sesuai dengan kemampuan anak.images-3
  5. Konsep Belajar di Sekolah, konsep pembelajaran di sekolah dasar ada berbagai macam, konsep belajar yang gurunya banyak ceramah atau menerangkan termasuk konsep belajar konvensional, Ada juga model sekolah yang memanfaatkan alam terbuka sebagai tempat belajar.
  6. Fasilitas Belajar di Sekolah, Perhatikan fasilitas yang ada di Sekolah Dasar, adanya perpustakaan, Kantin yang bersih, kamar mandi yang bersih dan tidak jorok dan fasilitas untuk olah raga yang memadai membuat siswa membuat anak-anak merasa betah bersekolah.
  7. Kualitas Team Pengajar, Latar belakang pendidikan team pengajar juga menjadi pertimbangan orang tua untuk sekolah anaknya. Usahakan mencari sekolah yang gurunya merupakan lulusan sekolah keguruan yang sesuai dengan bidang studinya.
  8. images-4Prestasi Sekolah, Perhatikan prestasi dari sekolah, apakah banyak siswa-siswinya yang berprestasi baik prestasi akademis maupun keterampilan lainnya. Perhatikan juga apakah lulusan Sekolah Dasar ini diterima di Sekolah lanjutannya yang berkualitas.

Dengan 8 tips memilih Sekolah Dasar yang cocok untuk anak anda ini, diharapkan orang tua tidak salah melangkah dalam memenuhi kewajibannya kepada anak untuk memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak.

Sekolah Dasar Al Ma’soem merupakan sekolah yang sudah dikenal masyarakat sebagai sekolah yang berkualitas yang mampu meluluskan siswa-siswinya dengan predikat memuaskan baik dari bidang akademis maupun akhlaknya. karena sesuai dengan visi dari Sekolah Dasar Al Ma’soem yaitu melahirkan generasi yang bertakwa, cerdas, berakhlak mulia dan sehat jasmani rohani.

images-6

Untuk informasi lebih lengkap Tentang SD AL MA’SOEM BANDUNG, anda bisa mengakses web site dengan meng-klik : http://Almasoem.sch.id/

Tinggalkan komentar